Pages

Monday, August 9, 2010

Cintailah produk Indonesia


By : Didi Suardi

Konon katanya, Indonesia di tahun mendatang akan menyelenggarakan pasar bebas, dengan begitu produk-produk luar negri akan dengan mudah masuk ke negri kita, karena dengan pemerintah menurunkan pajak bea cukai yang masuk ke indonesia, maka barang-barang yang ada dipasaran akan semakin murah.

Sekarang pun produk-produk luar, seperti produk china sudah mulai masuk dan mendominasi produk di pasaran, bahkan bukan hanya di indoneaia saja, di Negara-negara lain pun produk china sudah mulai mendominasi, dari mulai mainan anak-anak, peralalatan rumah tangga sampai dengan alat-alat elektronik. dipastikan, jika di indonesia tetap diadakannya pasar bebas, maka produk china lah yang akan menguasai peroduk di pasaran.

Nah, dengan begitu masyarakat Indonesia akan cenderung memilih produk luar, tapi dengan harga yang terjangkau. perusahaan-perusahaan indonesia pun akan merasa tersaingi, baik itu di pasaran maupun dalam segi kualitas.

Setelah masyarakat percaya dengan produk luar, maka perusahaan-perusahaan yang ada di indonesia secara tidak langsung akan mengalami penuruan, maka tidak heran jika banyak perusahaan dalam negri yang mengalami gulung tikar. akibat dikarnakan peminatnya yang kurang dan daya saing yang semakin ketat, maka dari sana akan semakin banyak pula penganguaran, itu salah satu efek kedepan dari adanya pasar bebas.

Adapun efek lainnya, seperti produk-produk china yang mulai mendominasi produk di pasaran, maka dengan mudah ia akan mengendalikan, menurunkan dan menaikan harga pasar.

Bisa saja, barang yang dulunya murah dan terjangkau, setelah meraka mendominasi dan menguasi pasar, lalu meraka akan menaikan harga barang. bagi masyarakat indonesia yang sudah percaya dan mulai ketergantungan dengan produk tersebut, mereka akan tetap memburu walau nilai harganya sudah mengalami pergeseran.

Jika amerika dengan krus dollarnya, maka china memegang perekonomian lewat jalur perdangangannya.

Kami rasa amerika terlalu mengebu-ngebu dan berambisi untuk menuasai perekonomian dunia, tapi pada akhirnya ia sendiri yang mulai mengalami kemunduran. melihat china sekarang ini dengan jalur sampingnya, kalo kata orang: “pelan tapi pasti”, Maka diprediksikan sepuluh atau lima belas tahun yang akan datang china lah yang akan mengusai perdagangan dunia.

Oleh sebab itu, hal yang dapat kita lakukan untuk bangsa kita adalah meningkatkan kualitas produksi sehingga mampu bersaing dengan produk-produk luar dan tetap mencintai produk dalam negri, produk indonesia.

Cairo, 23 juni 2010. 00.23

No comments: