Pages

Friday, November 25, 2011

Deskripsi Kongkow, tema: "Kenapa Indonesia Ber-mazhab Mayoritas Syafi'i"

Pada minggu lalu kita telah berbincang mengenai Sekulaisme yang ditinjau dari kacamata Islam. Setiap orang terlihat memiliki persepsi/pandangan yang berdeda dalam memaknai Sekularisme, akan tetapi islam telah memiliki satu jalan yang utuh, sebagai pedoman hidup manusia untuk meraih kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat (kelak).

Dan untuk tema kongkow berikutnya, kita akan mencoba berbincang dan mengkaji kembali tentang Mazhab, dalam hal ini adalah mazhab Imam Syafi’I. Yang mana secara mayoritas hampir semua mayarakat Indonesia ber- mazhab Sayafi’i.

Adapun sub tema yang akan dibahas nanti, seputar: Sejarah perjalanan mengenai paham Syafi’iyah hingga menyebar ke Indonesia, biogerafi serta relevansi pemikiran imam syafi’I, tokoh serta metode dakwal yang digunakan saat itu. Dsb.

Sekilas mengenai keutamaan Imam Syafi’i, bahwa sejak berumur 9 tahun, beliau sudah mampu menghapal al-Qur’an secara utuh. Dan Imam Syafi’I merupakan peletak batu pertama yang mengarang ilmu Ushul Fiqh lewat kitabnya yang judul Ar Risaalah, dan kitab fiqih-nya yang sangat fundamental sekaligus menjadi rujukan ulama setelahnya yaitu kitab Al-Um.

Untuk mengkaji tema ini secara lebih berkesinambungan, nantikan dalam kongkow minggu depan yang bertemakan “Kenapa Indonesia Ber-mazhab Syafi’i (mayoritas)”. Terima kasih.

Cairo, 21 Nopember 2011
By: Didi Suardi