Pages

Monday, November 7, 2011

Deskripsi Kongkow, tema: "Musik, Sejarah Hingga Peradaban Modern"

Seperti biasa, Para alumni Tebuireng yang tergabung dalam sebuah Organisasi almamater di Mesir. Kini, setiap minggunya mengadakan kumpul bareng yang dikemas dalam sebuah Kongkow, tujuan lain dari pada Konkow ini adalah untuk menyambung silaturahim dan bertukar pikiran.

Dan, Insya allah pada episode Rabu nanti, Kita akan mencoba berbicang dan mengkaji kembali seputar “Musik”, ditinjau dari ranah sejarah, filosofis, aliran/macam, hukum (menurut syari'at islam) hingga pengaruhnya terhadap peradaban Islam modern, yang mana musik sudah menjadi bagian dari pada romanitisme kehidupan.

Mengutip pendapatnya Socrates, seorang filosofis Yunani, ia mengatakan; “Bila seorang pria membiarkan musik membelainya, kemudian meresapi lagu-lagu yang bernuansa romantis, lembut, dan syahdu. Maka ia akan menjadi prajurit yang lemah”.

Ada pula, sebagian yang mengatakan bahwa musik itu haram (penulis mengalaminya langsung saat itu). Berarti (analoginya) jika musik itu haram, maka selama ini kami telah berbuat dosa, karena telah melakukan hal-hal yang diharamkan. (?)

Jika bercermin pada beberapa abad yang silam, banyak para ilmuan muslim yang koncen di bidang seni dan musik, seperti halnya: Ibnu Sina, di Barat ia lebih dikenal dengan nama Avicena, beliau mengarang sebuah buku yang lalu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan diberi judul “Introduction to the Art of Music.”

Nama lain dari itu, seperti: al-Isfahani, ia pun mengarang sebuah buku yang kemudian juga ditejemakan ke dalam bahasa inggris, berjudul: “The Great Song of Music”

Untuk melengkapi instrument-instrumen, pendapat serta pandangan diatas, perlunya kita mengkaji dan berbincang secara lebih luas mengenai musik yang mana ditinjau dari berbagai aspek dan asumsi. Nantikan... dalam kongkow minggu depan dengan tema: “Musik, dari Sejarah Hingga Peradaban Modern”

Cairo, 06 November 2011. 21 55
By: Didi Suardi