Pages

Thursday, October 6, 2011

Edisi Kongkow Bincang "Sihir, Azimat Dkk"

Pada Minggu lalu Kita telah membahas "Patung dan Sejenisnya", Satu penomena yang terbilang konterpersial antara penerapan hukum Islam dengan penomena yang terjadi di masyarakat. Terbukti, sebagian masyarakat masih tetap membuat dan melestarikan patung, baik sebagai simbol maupun aset kebudayaan, tapi tak terlepas dari itu sudah menjadi tugas para Ulama, Da'i, Mubalig dll agar mampu memahamkan dan meluruskan pemahaman yang betul kepada tiap masyarakatnya, tanpa disertai adanya paksaan, apalagi dengan kekerasan

Untuk edisi kongkow minggu depan kita akan mencoba berbincang kembali dengan tema "Sihir, Azimat Dkk". Ada yang menyatakan bahwa Indonesia adalah negara yang banyak terdapat kesyirikan, terlihat dari berbagai Ritual yang ganjil dan beragam, yang mana ritual-ritual yang mereka adakan itu tidak sesuai dengan ajarkan islam, Benarkah begitu?

Bukan hanya itu saja, sebagian orang rela mencari barang-barang yang menurut keyakinan mereka itu bisa menjaga dirinya, mendatangkan rizki, tolak balai', pengasihan dsb. Hingga dari yang berbentuk ali-ali, sabuk, kertas bertuliskan arab, tanah kuburan, kris sampai dengan khodam yang dimasukan kedalam tubuh. Lantas, bagaimana hukumnya... menurut pandangan para ulama. Tentunya Tema-tema yang akan bersingungan, diantaranya:
1. Santet/teluh
2. Primbon/zodiac
3. Rajah/azimat
4. Kejadugan dll.

Terima kasih dan sampai jumpa di kongkow minggu depan.

Cairo, 01 Oktober 2011
By: Didi Suardi

No comments: